10 Ikan Hias Termahal Dunia

Saturday, June 4, 2016

 10 Ikan Hias Termahal Dunia

Jika Anda hobi dengan ikan hias terutama yang hidup di akuarium, Anda pasti menginginkan warna-warni dari ikan untuk mempercantik penampilan dari akuarium Anda.
Memiliki hobi memelihara ikan hias terutama ikan air laut tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, termasuk untuk perawatan berkalanya. Terlebih lagi untuk yang berkantung tebal dan kolektor, ikan yang ditambahkan ke dalam akuarium pun tidak sembarangan dan harganyapun tidak main-main.

Tapi apa mau dikata, jika sudah menjadi hobi, harga berapapun pastinya akan ditebus untuk mendapatkan kepuasan diri.
Berikut adalah daftar 10 ikan tropis yang spesies dan keunikannya sangat langka sehingga harganyapun tidak main-main:

10. Candy Basslet – USD 1,000


Ikan ini boleh dibilang merupakan salah satu jenis ikan air laut paling berwarna yang ada di dunia. Biasanya di dapati di sekitar perairan Karibia, sekitar pantai Curacao. Ikan ini terkenal sangat sulit ditangkap tetapi sangat mudah untuk dijinakkan dan dikembang-biakkan. Karena jumlahnya yang bisa dikembang-biakkan maka harganya pun sedikit menurun.

9. Clarion Angelfish – USD 2,500


Ikan ini mengambil nama sebuah pulau cantik di pantai Meksiko, Revillagigedo Islands. Ikan ini bisa ditemukan disana atau di sekitar pulau terpencil Clipperton. Ikan ini sangat sulit untuk didapatkan karena terganjal ijin khusus yang harus dimiliki yang dikeluarkan langsung pemerintah negara Meksiko.

8. Wrought Iron Butterflyfish – USD 2,700


Banyak ditemukan di sekitar perairan Jepang, ikan ini memiliki panjang tubuh kira-kira 6 inci. Kebanyakan jenis ikan ini dikoleksi oleh orang kaya asal Asia karena harganya yang mahal. Nama ikan ini diambil dari warna tubuh mereka yang sedikit abu-abu gelap dengan aksen warna kuning.
7. Australian Flathead Perch – USD 5,000


Ikan ini termasuk jenis yang sangat langka dan harganya bisa menembus USD 5,000 jika ada. Banyak ditemukan di perairan Australia, ikan ini sangat sulit ditangkap dan mulai menjadi incaran para kolektor di tahun 2011. Meskipun ikan ini senang bersembunyi di balik bebatuan, tetapi keindahan warnanya lah yang membuatnya banyak diminati.

6. Neptune Grouper – USD 6,000


Jenis ikan ini hampir tidak pernah tersedia di pasaran, sehingga harganya pun menjadi sangat mahal. Termasuk dalam jenis ikan laut dalam, ikan ini sangat sulit untuk didapat. Jenis ikan ini saat muda lebih ke perpaduan warna kuning dan orange sedangkan yang dewasa menjadi sedikit pink dengan perpaduan kuning.

5. Golden Basslet – USD 8,000


Ikan ini banyak ditemukan di perairan Atlantik dan Pasifik dan sangat sulit untuk ditangkap karena ukurannya yang relatif kecil.

4. Bladefin Basslet – USD 10,000


Ikan ini memiliki sirip lucu seperti pedang di bagian tubuh atasnya sehingga dinamakan demikian. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Karibia dengan perpaduan warna orange dan putih di tubuhnya. Karena kesukaanya untuk berada di antara bebatuan di laut dalam, maka ikan ini sangat sulit untuk didapatkan terutama karena ukurannya yang hanya mencapai 1.5 inci.

3. Peppermint Angelfish – USD 30,000


Ikan ini termasuk salah satu yang paling langka. Di tahun 2012, hanya ada satu ikan yang hanya bisa dipamerkan di Waikiki Aquarium. Kelangkaan ikan ini dikarenakan hidupnya di kedalaman yang tidak biasa dijangkau oleh penyelam. Sejak penampakannya itu, semakin banyak kolektor yang sangat bernafsu untuk memilikinya.

2. Freshwater Polka Dot Stingray – USD 100,000


Ikan ini berasal dari keluarga ikan pari tetapi bundaran putih di tubuhnya lah yang membedakannya. Satu ekor ikan ini di sebuah akuarium di Taiwan memiliki keunikan karena bentuk kepalanya yang cenderung membentuk huruf U dan bukan membulat, karenanya, dihargai USD 100,000. Ikan ini memerlukan perawatan yang sangat ekstra dan tidak terbiasa untuk mencari makananya sendiri sehingga sangat sulit untuk hidup di alam bebas.

1. Platinum Arowana – USD 400,000

Seekor ikan ini dihargai dengan harga yang sangat mahal. Karena harganya itu, ikan ini ditanamkan chip khusus di tubuhnya untuk memastikan keasliannya. Warna yang dihasilkan adalah akibat dari mutasi genetik yang sangat jarang terjadi sehingga membedakan dari jenis arwana kebanyakan. Ikan Arwana banyak ditemukan di perairan di Amerika Latin, Asia Tenggara dan Afrika dan bisa tumbuh hingga 35 inci dengan usia yang bisa mencapat 50 tahun. Ikan ini termasuk pintar karena dapat mengenali individual dan bisa dilatih untuk diberi makan langsung dari tangan Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment