10 Bandara Terbesar Di Dunia

Saturday, June 4, 2016

10 Bandara Terbesar Di Dunia

Bandara Changi, Singapura mempertahankan posisi teratas dalam kategori sepuluh bandara terbaik di dunia versi Skytrax selama empat tahun berturut-turut.

Bandara Changi sekali lagi dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia dalam penghargaan Skytrax tahun ini. Dengan fasilitas tambahan berupa bioskop, musik bar lounge, bahkan kolam renang, inilah keempat kalinya bandara itu menduduki posisi teratas. Tahun 2017 mendatang, bandara Changi akan memperbarui fasilitas mereka dengan penambahan Terminal 4. 

Sejumlah bandara lain juga mempertahankan peringkat mereka. Penghargaan Skytrax dipilih oleh pelanggan berdasarkan survey tingkat kepuasan. "Bandara Changi terus berinovasi baik dalam produk maupun layanan pilihan bagi para pelanggan, serta fokus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan sesantai mungkin bagi pelanggan di bandara," kata CEO Skytrax, Edward Plasited.

Dialnsir Aol Travel, berikut ini sepuluh bandara terbaik di dunia versi Skytrax:

1. Bandara Changi, Singapura

Bandara Internasional Changi terletak di daerah Changi, bagian ujung timur Singapura. Bandara ini mulai dibangun pada 1981, kemudian dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Hingga kini, Bandara Changi memiliki tiga terminal. Terminal 4 akan dibangun pada 2017.
Bandara Changi mulai meraih penghargaan Airport of the Year dari Skytrax pada 2006. Changi mengalahkan saingan ketatnya, Bandara Internasional Hong Kong yang memenangkan penghargaan itu lima kali berturut-turut sejak 2001-2005.

2. Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan


Bandara Internasional Incheon adalah bandara terbesar di Korea Selatan. Bandara ini menggantikan Bandar Udara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik, kecuali ke beberapa penerbangan internasional tertentu.

Berdasarkan survei dari Global Traveller, bandara ini pernah menjadi yang terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008. Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini.

3. Bandara Munich Jerman
 
Bandara Munich alias Flughafen Muenchen terletak 28,5 km sebelah timur laut dari Munich, Jerman. Bandara ini merupakan penghubung untuk Lufthansa dan mitra dari maskapai-maskapai penerbangan Star Alliance.

Bandara ini menawarkan fasilitas pelayanan prima, dengan banyaknya restoran, pusat perbelanjaan, bahkan sauna. Bandara Munich dinobatkan menjadi bandara tersibuk kedua di Jerman dalam hal lalu lintas penumpang setelah Bandara Internasional Frankfurt, dan bandara tersibuk keenam di Eropa.

4. Bandara Internasional Tokyo, Jepang
 





Bandara Internasional Tokyo atau populer disebut Bandara Haneda terletak di Ota, Tokyo, 14 km sebelah selatan Stasiun Tokyo. Bandara ini merupakan satu dari dua bandara untuk kawasan Tokyo Raya, selain Bandara Internasional Narita.

Bandara ini menangani hampir semua penerbangan ke dan dari Tokyo, sementara Bandar Udara Internasional Narita menangani sebagian besar penerbangan internasional. Berdasarkan total lewatan penumpang, bandara ini adalah bandara tersibuk nomor dua di Asia sekaligus bandara tersibuk nomor lima di dunia.

Dalam ForbesTraveller.com edisi Desember 2009, Bandara Haneda Airport diakui sebagai bandara paling tepat waktu di dunia selama dua tahun berturut-turut. 94,3 persen dari penerbangannya berangkat tepat waktu dan 88,6 persen tiba tepat waktu.

5. Bandara Internasional Hong Kong

 
Bandara Internasional Hong Kong atau bandara Chek Lap Kok terletak di pulau Chek Lap Kok dan telah dibuka sejak tahun 1998. Letaknya yang sangat strategis menjadikan  bandara ini menjadi pusat transit penting dunia.

Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini pernah mendapatkan penghargaan bandara terbaik di dunia dari majalah Skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).

6. Bandara Internasional Chubu Centrair, Nagoya, Jepang

 
Bandara internasional Chubu Centrair yang terletak di Nagoya melayani daerah Chubu (wilayah Jepang tengah). Bandara ini dibangun di sebuah pulau buatan di Teluk Ise kota Tokoname, dan menjadi bandara lepas pantai ketiga di Jepang.

Hampir setiap tahunnya, Bandara Centrair selalu masuk dalam daftar nominasi penghargaan Skytrax. Bandara Centrair terdiri dari 4 lantai, yaitu welcome garden (lantai 1), arrival lobby (lantai 2), departure lobby (lantai 3), serta sky town dan sky deck (lantai 4).

7. Bandara Zurich, Swiss
 
Bandara Zurich merupakan bandara terbesar di Swiss sekaligus hubungan utama maskapai penerbangan Swiss International Airlines. Bandara yang berlokasi sekitar 13 kilometer dari pusat kota Zurich ini disebut-sebut sebagai salah satu kota termahal di dunia.

Bandara Zurich telah berulang kali masuk dalam daftar sepuluh besar bandara terbaik di dunia. Bandara ini memiliki tiga terminal dengan tiga landasan pacu, serta jumlah penumpang per tahun berkisar 13 juta.

Ruangan-ruangan di bandara ini sangat bersih. Pelayanannya memuaskan, bahkan ada ruangan khusus bermain untuk anak-anak. Bandara Zurich juga menawarkan layanan porter yang dapat membawakan barang Anda hingga tujuan akhir.

8. Bandara Heathrow, London
 
Bandara Internasional Heathrow adalah bandara utama yang melayani Kota London, Britania Raya. Ia disebut-sebut bandara tersibuk di negara tersebut. Heathrow adalah bandara tersibuk ke-5 di dunia, setelah Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta dan O'Hare di Amerika Serikat. Bandara Heathrow memiliki lima terminal.

Bandara Heathrow menjadi bahan rujukan perbaikan pelayanan lalu lintas penerbangan bagi bandara Soekarno Hatta

9. Bandara Internasional Kansai, Jepang
 
Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang, merupakan bandara pertama di negara itu yang dibangun di atas pulau buatan di lepas pantai Pulau Honshu. Bandara ini memiliki sebuah terminal bertingkat 4 yang dirancang oleh Renzo Piano Building Workshop (Renzo Piano dan Noriaki Okabe). Bangunan tersebut merupakan terminal bandara terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 1,7 km.

Bandara ini disegmentasikan sebagai alternatif bandara Narita bagi wisatawan internasional dari wilayah Tokyo Raya. Lewat bandara ini, wisatawan dapat menghemat waktu tambahan yang dibutuhkan untuk sampai ke Narita.


10. Bandara Internasional Hamad, Qatar
 
Bandara Internasional Hamad di Doha terbilang baru. Bandara ini baru diresmikan pada 1 April 2013 silam, menggantikan bandara internasional Doha lama. Kapasitas tahunan bandara itu diperkirakan sebanyak 30 juta penumpang.

Bandara Internasional Hamad memiliki luas lebih dari 29 kilometer persegi, dengan 2 landasan pacu yang masing-masing berukuran 4,85 kilometer dan 4,25 kilometer. Bandara yang dibangun selama hampir 8 tahun dengan biaya lebih dari Rp 15 miliar dolar tersebut bekerja sama dengan 11 maskapai penerbangan asing.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment